Jumat, 24 Mei 2013

Sistem Tata Udara pada Pabrik Makanan



Sistem Tata Udara pada Pabrik Makanan

Sistem penanganan udara harus bereaksi terhadap kondisi variabel berikut :
  • Perubahan iklim ambien.
  • Kondisi proses - suhu, kelembaban, ekstraksi dan penahanan.
  • Siklus filtrasi udara - sistem penurunan tekanan, suplai dan ekstrak keseimbangan udara.
Kontrol dibangun ke dalam sistem penanganan udara modern harus terus memantau faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi di dalam ruang manufaktur. Beberapa contoh akan pengering ruangan di musim hujan untuk melindungi terhadap kelembaban yang tinggi, pendinginan untuk mempertahankan produksi suhu ruang, dan tekanan diferensial dari sistem penyaringan udara.

Mayoritas, jika tidak semua, pengolahan udara biasanya terjadi dalam suatu penanganan udara dan Unit filtrasi (AHFU), yang memberikan udara ke sistem menyalurkan bawah tekanan, untuk digunakan sebagai kebutuhan udara proses lainnya lingkungan (ruang), kontak makanan langsung dan sebuah unit penanganan udara biasanya akan berisi banyak item berikut, umumnya dalam urutan yang tercantum ketika mengikuti arah aliran udara:

  • Cuaca luar yang akan masuk ke ruang produksi  .
  • Menggunakan Volume dumper pada sistem untuk balancing udara luar dan udara dari ruangan
  • Filtrasi Primer.
  • Dehumidifier - Heater dihindarkan.
  • Bagian Coil AHU (Diposisikan untuk memenuhi kebutuhan).
  • Bagian Fan dan Motor.
  • Pada akhir udara yang akan masuk ke ruang produksi disaring menggunakan Filter (filtrasi efisiensi tinggi).

Poin penting untuk dipertimbangkan saat merancang sebuah penanganan udara dan Unit filtrasi meliputi:
  • Desain Casing AHU dan material yang digunakan
  • Filtrasi Primer untuk penyaringan udara
  • Pemilihan Fan dan Motor sebaiknya dikontrol dengan Inverter untuk memudahkan di dalam pengontrolan udara yang dibutuhkan.
  • Persyaratan kebersihan.
  • Lokasi peralatan, filtrasi yang harus mudah dibersihkan.
  • Jika peralatan akan dipasang pada atap atau permukaan tanah yang berdekatan, perawatan harus dilakukan untuk memastikan area inlet udara berventilasi luar ("air fresh"), bebas dari udara yang keluar dari exhaust pabrik.



Untuk aplikasi di mana tidak ada kontak produk langsung, seperti kantor dan ruang toko, penyaringan akhir dapat ditempatkan sebelum fan, yang memungkinkan untuk sistem suplai udara lebih kompak dan ekonomis. Spesifikasi desain juga dapat dimodifikasi untuk memberikan penggunaan yang lebih luas dari perlengkapan standar. Apapun desain peralatan penanganan udara yang dipilih, perawatan harus dilakukan untuk memastikan praktek manufaktur yang baik dengan pertimbangan HACCP.

Sistem ducting dari unit penanganan udara harus dibuat dari bahan yang tahan lama dalam bentuk persegi atau bulat dengan interior halus. Stainless steel 304 grade dapat ditentukan untuk "perawatan tinggi / berisiko tinggi" proses kerja makanan, namun, kualitas galvanis finish yang baik umumnya diterima. Sistem ducting harus dapat diakses untuk pemeriksaan berkala dengan panel akses secara berkala sesuai dengan desain ducting (standar SMACNA). Dimana standar yang tinggi dari penyaringan udara telah ditetapkan dan dipelihara, permukaan ducting internal yang akan tetap bersih selama bertahun-tahun beroperasi. Bahan lain seperti kelas 316 stainless steel mungkin diperlukan untuk beberapa proses pengembalian area basah atau aplikasi pembuangan udara. Sebuah uap uap exhaust adalah contoh yang baik agar tidak berkarat.

Air meninggalkan penanganan udara dan Unit filtrasi berada di bawah tekanan dan sistem ducting harus dirancang dan dibangun untuk menghindari hilangnya udara (standar DW144). Isolasi Duct untuk mencegah kondensasi membentuk pada permukaan dingin mungkin diperlukan. Ini adalah praktek desain yang baik untuk menginstal sebuah penghalang termal pada ducting yang terkena unsur-unsur dan terletak di rongga langit-langit. Sebuah kualitas permukaan luar isolasi tinggi diperlukan untuk ducting eksternal untuk mencegah air atau kontaminasi lainnya memasuki isolasi. Hindari penggunaan ducting terisolasi dalam lingkungan proses makanan.

Ada beberapa situasi di mana desain modifikasi dari inlet ducting diperlukan, dan contoh adalah di mana unit penanganan udara ini terletak agak jauh dari suplai udara luar. Dalam kasus seperti pra-filtrasi harus ditempatkan sedekat mungkin dengan kontrol layar inlet mungkin, sehingga mencegah debu sarat udara memasuki sistem. Sistem ducting Inlet harus dioperasikan dalam kondisi bersih dan kering menawarkan minimal pemeliharaan. Udara Layar louvre inlet harus ditempatkan untuk akses mudah dan pembersihan secara berkala. Layar melekat pada bagian belakang kisi cuaca seringkali sulit untuk memeriksa dan membersihkan. Sebuah diblokir zona inlet udara akan mempengaruhi kinerja dari suplai udara dan sistem kontrol kualitas udara

Sebisa mungkin ducting harus dipasang di luar ruang pengolahan makanan, dengan langit-langit disesuaikan diffusers dipasang untuk pengiriman udara yang efisien ke ruang dikontrol. Sebuah kualitas yang baik diffuser dapat diatur untuk menghindari draft saat udara dingin dikirim ke ruang. Perhatian diperlukan bila posisi ekstrak plafon / kisi-kisi dinding, untuk memastikan mereka tidak terletak di atas pengolahan makanan terbuka. Inti Removable jenis kisi-kisi ekstrak akan memungkinkan untuk membersihkan luar ruang yang terkontrol. Ekstrak membutuhkan ducting udara harus mendapat perhatian khusus dengan akses inspeksi terutama jika proses pembuatan makanan kering dan partikulat dilepaskan ke atmosfer dalam kondisi proses normal. Ekstrak dari proses memasak akan membutuhkan perhatian yang cermat untuk memastikan bahwa akses yang sesuai dan cepat untuk inspeksi dan pembersihan tersedia.

Gerakan Udara di Pabrik Makanan
Udara luar
• Lokasi 

• Kuantitas
Unit penanganan udara
• Pencampuran udara 

• Kontrol suhu 

• Filtrasi Udara
Suplai udara di bawah tekanan
• Ducting Sealed dengan internal permukaan halus
Distribusi udara Kamar
• Suplai dan ekstrak lokasi
Tekanan diferensial
• Kehilangan udara Minimal melalui lubang
Pencabutan
• Panas, uap dan asap 

• Kontrol Debu
Udara Return
• Akses untuk pemeriksaan

Sistem distribusi udara atau textile duct yang umum digunakan, terutama di mana tingkat perubahan udara yang tinggi diperlukan. Keuntungan dari konstruksi ringan dan distribusi udara yang baik harus dipertimbangkan secara hati-hati dengan setiap aplikasi, bersama dengan persyaratan untuk standar yang tinggi dari penyaringan udara. Fabric duct dan langit-langit "D" sistem bentuknya bertindak sebagai filter dan bisa mahal untuk membersihkan, dengan perawatan lebih sering jika penyaringan udara di bawah F7 untuk BS EN779. Standar penyaringan udara harus sampai "perawatan tinggi" persyaratan, dan kontrol kondisi ruang mengolah makanan dapat penting untuk kinerja sistem kaus kaki kain. Banyak produsen makanan telah dikembalikan ke diffusers stainless steel untuk mengurangi biaya pemeliharaan dan downtime tanaman.

Keseimbangan suplai dan volume udara ekstrak adalah pertimbangan penting terutama ketika kapal memasak dan sistem filter debu sedang digunakan. Memungkinkan volume udara ekstra pada tahap desain untuk memastikan gerakan udara dari ruang yang terkontrol. Untuk menghemat energi disarankan untuk mempertimbangkan suplai udara ambien terpisah untuk mengkompensasi volume udara tinggi ekstrak seperti memasak terbuka dan zona keluar oven. Ini udara khusus biasanya tidak akan dingin sehingga penghematan energi dapat direalisasikan. Volume suplai udara akan disaring untuk standar yang diperlukan (minimum F7 BS EN779) dan sedikit kurang dari volume udara ekstrak. Masukan Localised dan udara ekstrak tidak akan mempengaruhi suhu ruangan umum, namun, pergerakan udara arah dalam ruang kerja harus dipertimbangkan.

Ada fitur desain banyak yang akan membantu dalam mengurangi biaya operasional dan menambah memproses efisiensi, dan kami sarankan Anda mencari jasa sebuah perusahaan dengan track record dalam jenis pekerjaan.

1 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower, chiller, Boiler ,waste water treatment dan oli industri
    Untuk informasi lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    081310849918
    Terima kasih

    BalasHapus